nusakini.com - Bundesliga mungkin kembali digelar pada 9 Mei namun tanpa penonton, menurut dua perdana menteri dari dua negara bagian Jerman.

Markus Soder, perdana menteri Bavaria dan Armin Laschet, perdana menteri Nordrhein-Westfalen, menilai aktivitas sepakbola bisa dilanjutkan lebih cepat dari perkiraan banyak pihak selama masa lockdown saat ini dipatuhi dan ada jaminan kesehatan.

Sementara itu, CEO German Football League (DFL), Christian Seifert sebelumnya memperingatkan klub-klub sepakbola Jerman harus menjadi contoh bagi masyarakat Jerman apabila kompetisi dilanjutkan

"Prasyaratnya adalah adanya konsep yang dipikirkan dengan matang," ungkap Laschet kepada Bild.

"Apa yang dikatakan DFL dalam beberapa hari terakhir menunjukkan adanya syarat tentang perlindungan. Saya bisa membayangkan bahwa kami bisa kembali menggelar kompetisi secara tertutup."

Rekan Laschet, Soder juga memperingatkan: "Ini rumit. Kami harus berhati-hati untuk tidak berlebihan atau bersikap sembrono."

"Pertandingan dengan penonton di stadion sama sekali tidak terpikirkan. 'Ghost games' [pertadingan tanpa penonton] juga harus diperhatikan."

"Bisa dibayangkan bahwa kami mungkin dapat menggelar kembali kompetisi tanpa penonton paling awal mulai 9 Mei."

"Akhir pekan dengan sepakbola jauh lebih bisa diterima ketimbang tanpa sepakbola." (gi/om)